aplikasi komputer

Kata Pengantar

Puji dan syukur kehadirat allah Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Buku Aplikasi Komputer ini dalam bentuk isi yang sangat sederhana. Semoga Buku ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pembelajaran ataprofesi keguruan.

Untuk memenuhi tugas uas semester genap saya agung robani dari agroteknologi 2 a saya buat Buku ini untuk bisa menambah pengetahuan dan pedoman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi Buku ini sehingga kedepannya dapat lebih baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Ucapan terima kasih tidak lupa untuk dosen mata pelajaran praktikum Aplikom yaitu Nurlukman ST.

Buku ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan- masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Bandung, Mei 2016

 

AGUNG ROBANI

1157060004

 

 

 

 

 

 

Daftar Isi

Contents

Kata Pengantar. 3

BAB I. 7

PEMBAHASAN.. 7

1.1 Microsoft Word. 7

1.1.1 Penyuntingan. 8

  1. Memulai Microsoft Word. 8
  2. Dasar-dasar Penyuntingan. 8
  3. Menyorot Teks. 9

1.1.2 Numbering. 10

1.1.3 CAPTION.. 13

1.1.4 Menyisipkan objek. 15

1.1.5 Drop Cap. 19

1.1.6 Page Break. 20

1.1.7 mail merge. 21

1.1.8HEADER FOOTER.. 23

1.2 MICROSOF EXEL………………………………………………25

  1. Operator Matematika Dalam Excel 25

1.2.1 Fungsi String. 27

1.2.2 Rumus Matematik. 27

1.2.3 Fungsi IF. 28

1.2.4  VLOOKUP dan HLOOKUP.. 32

Pembuatan PivotTable. 36

1.2.4 internet……………………………………………………………44

1.2.5 keunggulan fitur wordprees…………………………………….45

 

BAB II.………………………………………………………………………………………………48

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………….48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

gambar 1 page break. 10

gambar 2 numbering. 11

gambar 3 numbering 2. 12

gambar 4 numbering 3. 13

gambar 5 membuat daftar gambar 14

gambar 6 picture. 16

gambar 7 menu picture. 16

gambar 8 insert cation. 17

gambar 9 insert caption. 17

gambar 10 caption. 18

gambar 11 hasil gambar 18

gambar 12 drop cap. 19

gambar 13 text dengan drop cap. 19

gambar 14 page break. 20

gambar 15 surat nilai IPK.. 21

gambar 16 select recipients. 22

gambar 17 costumize coloum.. 22

gambar 18 Kotak Dialog Customize Address List 23

gambar 19 header footer 24

gambar 20 gambar sum.. 28

gambar 21 if 29

gambar 22 IF 2. 30

gambar 23 COUNTIF. 31

gambar 24 Hlookup. 34

gambar 25 Hasil 35

gambar 26 contoh OR.. 35

gambar 27 Sheet transaksi 37

gambar 28 insert pivot tabel 38

gambar 29 insert pivot tabel 38

gambar 30 tampilanpivot tabel 39

gambar 31 Pivot Table Field List 40

gambar 32 hasil penempatan field. 41

gambar 33  Penambahan Field. 41

gambar 34 Hasil Penambahan Field. 42

gambar 35 value field and setting. 42

gambar 36 summarize value field. 43

gambar 37 summary pivot tabel 44

gambar 38 tugas pivot tabel 44

gambar 39 grafik. 45

gambar 40 masuk web. 48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PEMBAHASAN

1.1 Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word Microsoft Word merupakan program aplikasi perangkat lunak yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan data, sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk mempermudah pekerjaaan,seperti pekerjaan pengusaha ataupun pun mahasiswa dan aktifitas lainnya.

Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998 sampai  office 2016 pada saat sekarang ini.

1.1.1 Penyuntingan

  1. Dasar-dasar penyuntingan Pada Microsoft Office

Backspace (Menghapus satu karakter disebelah kiri kursor)

Delete (Menghapus satu karakter disebelah kanan kursor)

Insert (Menyisipkan karakter baru diantara dua karakter yang diketik)

1.       Memulai Microsoft Word

Untuk memulai menjalankan program microsoft word dimulai dengan langkah-langkah berikut

  • Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows=>Setelah muncul tampilan menunya pilih All Program, kemudian Microsoft Office=>Pilih Microsoft Office Word 2007/2013/2016.

2.       Dasar-dasar Penyuntingan

Backspace: Digunakan untuk menghapus satu huruf ke bagian kiri.

 

Delete: Digunakan untuk menghapus satu huruf ke bagian kanan.

Repeat (Ctrl+Y): Digunakan untuk mengulangi perintah

Undo (Ctrl+Z): Digunakan untuk mengembalikan perintah.

 

Menyorot Teks

Shift + →/ ←/ ↑/ ↓ : Digunakan untuk menyorot teks satu huruf

 

Shift + Home/ End: Digunakan untuk menyorot satu baris teks

Menyorot sebagian (menekan Ctrl)          : Digunakan pada saat ingin menyorot teks pada                     posisi yang berbeda

1.1.2 Numbering

Untuk dapat menyisipkan nomor di setiap lembar atau halaman pada Microsoft Word 2007, dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Untuk halaman pertama, pasti memuat Halaman Judul. Tulis halaman judul sesuai judul yang akan dibuat. Kemudian, gunakan “Next page” break pada kolom “Page layout”

 

gambar 1 page break

 

Untuk penomorannya sendiri,jika kita ingin menggunakan huruf romawi,bisa dengan cara sebagai berikut :

  • Klik insert,maka akan muncul beberapa menu pada beberapa kolom
  • Klik page number pada kolom Header and footer,lalu akan muncul beberapa pilihan untuk format halaman
  • Klik format page number,atur number format pada bagian paling atas menjadi angka

Catatan :

Jika penomoran romawi ini ingin terus berlanjut pada halaman berikutnya,maka tandai continue from previus section

gambar 2 numbering

namun jika ingin penomoran hanya untuk satu halaman saja,maka tandai start at dan pilih nomor yang akan dimulai menggunakan angka romawi.

 

gambar 3 numbering 2

 

Untuk mengatur posisi nomor halaman ,bisa dilakukan dengan cara

-Klik Insert =>  Klik Page Number

 

-Kemudian pilih posisi penomoran sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada contoh ini penomoran berada diatas kiri.

-Klik Top of Page

gambar 4 numbering 3

1.1.3 CAPTION

Langkah-langkah :

-Klik Insertklik picture,pilih gambar

-Klik ok

Untuk membuat daftar gambarnya :

-Klik References

-Klik insert caption

-Pilih label yang akan digunakan ,misalnya figure atau gambar

Atau

-Klik References

-Klik insert caption

-klik new label,lalu tuliskan gambar.

Untuk membuat daftar isi secara otomatis,kita bisa men-generate daftar gambar secara ototmatis,caranya sebagai berikut :

  1. Klik menu References
  2. Klik Insert Table Of Figures,kemudian akan muncul window Table of Figure
  3. Pada Caption Label,pilih label yang ingin dibuat daftarnya,misalnya Gambar atau Tabel.

 

 

 

 

Menyamakan penulisan

     Untuk menyamakan penulisan,format atau jarak (space) bisa dilakukan dengan cara memblok tulisan,lalu klik format painter dan arahkan cursor mengguanakan mouse pada tulisan atau paragraf lainnya yang formatnya akan disamakan.


Cara Membuat Drop Cap

  • Pilih huruf pertama dari paragraf.
  • Pada Insert tabText group, klik Drop Cap.
  • Pilih posisi Drop Cap:
  • Dropped:Drop Cap ditempatkan dalam paragraf.
  • In margin:Drop Cap ditempatkan dalam margin.
  • Ulangi langkah-langkah di atas bila ingin mengganti posisi Drop Cap.
  • Cara Edit Drop Cap
  • Pilih Drop Capyang ingin diubah.
  • Pada Insert tabText group, klik Drop Capdan pilih Drop Cap Options.
  • Pada bagian Position, atur posisi Drop Capyang diinginkan.
  • Pada bagian Options, pilih:
  • Fontuntuk mengubah tipe font.
  • Lines to drop:untuk mengatur tinggi baris Drop Cap.
  • Distance from text:untuk mengatur jarak Drop Cap dengan teks dalam paragraf.
  • Klik OK bilas sudah selesai.
  • Tip:Kita juga dapat menggunakan fitur-fitur dalam Font group di tab Home, untuk memberi format warna, font dan lain-lain pada Drop Cap.
  • Cara Menghapus Format Drop Cap
  • Pilih Drop Capyang ingin dihapus.
  • Pada Insert tab,Text group, klik Drop Cap dan pilih

1.1.4 Menyisipkan objek

Menyisipkan gambar Gambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program MS Word. Untuk menyisipkannya, klik tab menu Insert > Clip Art. Pada bagian Search for: dapat diisi dengan kata petunjuk yang berhubungan, misalnya animals. Maka akan di dapat hasil seperti berikut :

  1. Insert gambar terlebih dahulu
 

gambar 6 picture

 

 

  1. Kemudian pilih gambar yang dikehendaki pada kotak dialog

 

 

gambar 7 menu picture

  1. Klik gambar kemudian masukan caption dengan cara klik References kemudian Insert Caption.
 

gambar 8 insert cation

  1. Lalu akan muncul kotak dialog Caption. Pilih Labelnya sesuai yang diinginkan, jika ingin membuat label sendiri (misal Gambar, Tabel atau yang lainnya), maka tinggal klik tombol [New Label] dan ketikkan label yang diinginkan, misal Gambar.
 

gambar 9 insert caption

  1. Ketikkan nama gambarnya dan tentukan posisinya (pilihannya Above selected Item dan Below selected Item). Lalu klik [OK].
 

gambar 10 caption

  1. Gambar yang dimasukkan tadi sudah mempunyai Caption.
 

gambar 11 hasil gambar (gambar pinguin)

 

 

 1.1.5 Drop Cap

  1. Hal pertama yang dilakukan yaitu sorot teks yang akan dibuat Drop Cap, kemudian klik Insert lalu pilih Drop Cap.
 

gambar 12 drop cap

  1. Lalu pilih diantara pilihan Dropped dan In Margin, dan jika perlu suntingan yang lain pilih opsi Drop Cap Options.

 

  1. Teks telah selesai memakai Drop Cap.
 

gambar 13 text dengan drop cap

1.1.6 Page Break

Page Break merupakan salah satu pilihan pada Microsoft Word yang berfungsi untuk memisahkan (breaking) halaman yang satu dengan halaman yang lain. Salah satu penggunaanya ditujukan pada saat penomoran halaman pada penulisan karya ilmiah. Page Break dapat mempermudah penulis agar pemberian nomor halaman pada karya ilmiahnya dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Cara menggunakan page break yaitu sebagai berikut:

  • Letakan kursor pada bagian paling bawah halaman yang akan dipisahkan dengan halaman lainnya.
  • Lalu pilih menu Page Layout kemudian Breaks.
  • Setelah itu pada menu Section Breaks pilih Next Page.
 

gambar 14 page break

 

 

  1. Pemisahan halaman telah selesai dilakukan.

 

1.1.7 mail merge

Mail Merge adalah suatu tools yang terdapat pada menu bar “Mailings” pada Microsoft Word, dimana dapat kita manfaatkan untuk membuat database dokumen. Cara menggunakan Mail Merge adalah sebagai berikut:

  1. Buka program Microsoft Word, kemudian ketik datanya untuk membuat surat, salah satunya Surat nilai IPK seperti berikut:

 

  1. Lalu klik tab Mailings kemudian pilih Select Recipients dan apabila data yang diambil baru dibuat maka pilih Type New List dan akan keluar kotak dialog.
 

gambar 16 select recipients

  1. Karena datanya baru maka klik Customize Columns pada kotak dialog tersebut.
 

gambar 17 costumize coloum

  1. Dan akan muncul kembali kotak dialog Customize Address List pada Field Names ganti namanya sesuai data yang kita buat dengan mengubahnya pada Rename.
 

gambar 18 Kotak Dialog Customize Address List

  1. Untuk kasus ini, maka me-rename satu per satu Field Names dengan NIM, Nama, Jurusan, Kelas, Kode MK, Nama MK dan Nilai.
  2. Isi data pada kolom yang sesuai apabila ingin ditambah kolomnya maka pilih New Entry, Lalu OK.
  3. Simpan data dan beri nama file.
  4. Setelah disimpan pilih tab Mailings kembali lalu klik Insert Merge Field dan simpan kursor sesuai urutan pada Insert Merge Field.
  5. Untuk memastikan data sudah benar maka klik Preview Results untuk melihat hasilnya.

1.1.8HEADER FOOTER

Cara membuka header

  • Klik Tab Insert

gambar 19 header footer

  • Klik Header dan Footer pada Tab Insert dan Pilih Format yang diinginkan sehingga point otomatis berada pada bagian atas atau bawah
  • Ketikan teks untuk header atau footer sesuai dengan keiinginan
  • Selain dengan cara diatas kita juga dapat membuka header & footer dengan cara double klik pada area header atau footer. Setelah itu lakukan penambahan teks, tanggal,

 

Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu Ketikkan teks untuk footer.

 

 

1.2             Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memberikan kemudahan dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

1.      Operator Matematika Dalam Excel

No. Operator Fungsi Contoh
1 + (ikon plus) Penjumlahan A1+A2
2 – (ikon minus) Pengurangan A3-A4
3 * (ikon bintang) Perkalian A5*A6
4 / (ikon garis miring) Pembagian A7/A8
5 ^ (ikon caret) Pangkat A9^2 (angka apapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2)
6 % (ikon persen) Prosentase A1*80%

tabel 1 1 operator matematika

 

 

 

1.2.1 Fungsi String

  • Left, Mid dan Right
  • Fungsi Left

Digunakan untuk mengambil bagian dari suatu kata/ kalimat dalahm sebuah seldari posisi kiri  sebanyak n huruf.

  • Fungsi Mid

Digunakan untuk mengambil bagian dari suatu kata/ kalimat dalahm sebuah sel dari posisi tengah  sebanyak n huruf.

  • Fungsi Right

Digunakan untuk mengambil bagian dari suatu kata/ kalimat dalahm sebuah seldari posisi kiri  sebanyak n huruf.

Sintaks :   “=LEFT(sel,n)”  kiri

“=MID(sel,m,n)” tengah

“=RIGHT(sel,n)”  kanan

Contoh:

  1. Untuk no 1 pada nama Azmi Rozabi dalam pengambilan nama depan maka ketik rumus: =LEFT(C2;4) sedangkan nama belakangnya rumus: =RIGHT(C2;6)
  2. Untuk no 2 dengan nama Ade Rahmat Nurhidayat, karena ia memiliki nama tengah yaitu gunakan rumus: =MID(C3;5;6)
  3. Sehingga dalam hal ini kata kunci dari pengambilan nama yaitu left, mid dan right dengan menambahkan alamat sel dengan jumlah huruf yang akan kita ambil.

1.2.2 Rumus Matematik

  • SUM

Rumus yang paling sering digunakan, karena rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan. Contoh : =SUM(D3*F3) dengan demikian kolom yang ditempatkan rumus ini akan mengeluarkan nominal angka hasil perkalian dari cell D3 dan F3.

 

gambar 20 gambar sum

  • SUBTOTAL

Berfungsi untuk melakukan penotalan dalam artian bukan sekedar jumlah atau SUM saja, tapi bisa juga untuk operasi matematika yang lain seperti pengurangan, pembagian, perkalian,rata-rata (prosentase) dan lain-lain. Contoh : =SUBTOTAL(FUNGSI;REFRENSI_1;REFRENSI_2) maka akan terlihat seperti =SUBTOTAL(9;A5;A10). Dengan demikian, rumus ini akan menampilkan hasil total dari penjumlahan (karena kode 9 dikenal sebagai fungsi SUM dalam Formula SUBTOTAL) dari cell A5 dan A10. Jika refrensi atau tempat pengambilan data lebih dari dua, perlu tanda titik koma (;) sebelum menuliskan refrensi lain.

1.2.3 Fungsi IF

IF adalah suatu fungsi keputusan di Excel dimana IF akan menggunakan suatu rule untuk pengecekan suatu kondisi. Jika kondisi terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya jika tidak dipenuhi akan mengambil nilai lain.

Syntax dasar dari fungsi IF adalah sebagai berikut

IF(logical_test_value, value_if_true, value_if_false)

Keterangan

  • logical_test_value : adalah kondisi logika yang akan mengembalikan nilai benar atau salah. Contoh misalkan: A2 > B2, A2 <= B2, dll.
  • value_if_true : nilai yang diberikan apabila kondisi di atas benar.
  • value_if_false : nilai yang diberikan apabila kondisi di atas salah.

CONTOH:

1.

gambar 21 if

 

 

 

 

2.

gambar 22 IF 2

  1. Countif

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah data pada sebuah range tabel yang memenuhi kriteria dari kondisi yang dipersyaratkan pada parameter fungsi.

Cara Penulisan fungsi COUNTIF:

COUNTIF(range , criteria)

  • range adalah range dalam worksheet yang akan dihitung datanya
  • criteria adalah kondisi yang harus dipenuhi

contoh :

gambar 23 COUNTIF

  1. MAX

Fungsi Max adalah fungsi untuk menghasilkan nilai terbesar dari sate buah set nilai. Fungsi ini mengabaikan nilai logika dan text.

Cara penulisan fungsi Max:

MAX(Angka1,Angka2m,Angka3,…)

Argumen Angka1,Angka2,Angka3,… adalah 1 sampai 30 data angka, cell kosong, nilai logika, atau text angka yang ingin anda cari nilai tertingginya.

Contoh 2:

=MAX(F1:F38)

akan menghasilkan nilai terbesar dari data yang ada di range F1:F38.

  1. MIN

Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah atau nilai minimal dari sekelompok bilangan. Perlu digaris bawahi, data yang bisa diproses hanya data yang berupa angka.

Bentuk umum penulisan Fungsi MIN adalah sbb :

=MIN(number1;number2;…)

  1. RIGHT

Fungsi Right di Excel adalah fungsi untuk mengambil text atau sejumlah karakter dari akhir text atau dari ujung kanan text satau kata atau kalimat.

Cara penulisan fungsi Right:

RIGHT(text, angka)

  • Argumen text adalah kata atau kalimat yang data textnya akan diambil, dapat berupa nilai atau alamat cell.
  • Argumen angka adalah jumlah huruf yang akan diambil.

Contoh:

=RIGHT(“budi”,2) akan menghasilkan nilai ‘di’.

=RIGHT(C13,5) akan menghasilkan nilai ‘senal’ jika cell C13 kita isi dengan tulisan Arsenal.

1.2.4  VLOOKUP dan HLOOKUP

Fungsi VLookup() adalah fungsi untuk mencari nilai pada kolom paling kiri dari suatu tabel dan mengembalikan nilai pada baris yang sama dari kolom yang anda tentukan pada tabel. Gunakan VLookup() daripada HLookup() ketika anda membandingkan nilai yang berada dalam kolom sebelah kiri dari data yang anda ingin temukan.

Huruf V dalam VLookup singkatan dari Vertical.

Cara penulisan fungsi VLookup()

VLookup(nilai_dicari,table_array,index_kolom,range_lookup)

  • nilai_dicari adalah nilai yang dicari pada kolom pertama dari array. nilai_dicari dapat berupa suatu nilai, sebuah referensi atau sebuah text string.
  • table_array adalah tabel dari informasi dimana data dicari. Gunakan referensi berupa sebuah range atau nama range, seperti database atau list.
  • index_kolom adalah nomor kolom dalam table_array dari mana nilai yang cocok harus dikembalikan. Index_kolom 1 mengembalikan nilai dari kolom pertama dari table_array; index_kolom 2 mengembalikan nilai dari kolom kedua dan seterusnya.
  • range_lookup adalah nilai logika yang menentukan apakah anda mencari nilai yang benar-benar sama atau mendekati sama. Jika TRUE atau diabaikan atau kosong nilai yang mendekati yang akan dikembalikan. Dengan kata lain jika nilai yang sama tidak ditemukan maka nilai yang terbesar yang lebih kecil dari nilai_dicari dikembalikan. Jika FALSE, VLookup akan mencari yang benar-benar sama. Jika tidak ditemukan nilai error #N/A akan dikembalikan.
  • Fungsi lookup digunakan untuk mencari data dalam sebuah tabel sesuai dengan kriteria yang diberikan.
  • Fungsi lookup ada 2 yaitu :
  • =HLOOKUP(sel yang diuji, Tabel Absolut,Nomor Baris, TRUE/FALSE)
  • =VLOOKUP(sel yang diuji, Tabel Absolut,Nomor Kolom, TRUE/FALSE
  1. HLOOKUP

gambar 24 Hlookup

Mencari Angkatan berdasarkan Tabel Fungsi HLOOKUP range : B3:E4

  • Letakan pointer di sel C16
  • Masukan Rumus seperti gambar berikut:

=HLOOKUP(MID(A16,4,2),$B$3:$E$4,2)

Hasil :

 

gambar 25 Hasil

6.OR

Menghasilkan nilai benar (true) jika salah satu argumen atau logical test benar. Contoh pada kasus disini yaitu untuk mengikuti tes seleksi dilihat dari segi pendidikannya:

 

gambar 26 contoh OR

Maka rumus yang digunakan adalah =IF(OR(D2=”SMU/SMK”;D2=”D1″);”Tes Tahap 1″;”Gagal”) dan hasilnya akan tampak pada gambar diatas.

 

  1. AND

Menghasilkan nilai benar (true) jika semua argumen benar. Contoh : =AND(logika1,logika2)

Ketiga fungsi logika ini dapat kita gabungkan untuk memberi hasil analisa yang sesuai dengan apa yang dikehendaki.

 

1.2.5 pivot tabel

 

PivotTable adalah fitur pada Excel yang memudahkan Anda melihat ringkasan data berupa tabel interaktif , padat informasi dan dapat dilengkapi dengan chart. Hasil analisa dari PivotTable biasanya menjadi dasar laporan manajemen. Pada tutorial singkat ini akan ditunjukkan langkah demi langkah pembuatan dasar PivotTable.

Pembuatan PivotTable

  • Jalankan program Excel 2007 dan buka file latihan yang telah Anda download tersebut.File ini merupakan file contoh fiktif data-data transaksi yang terjadi pada suatu minimarket.

Adapun cara membuat pivot table yaitu membuka contoh sheet transaksi

 

gambar 27 Sheet transaksi

Kemudian Pilih range dataA1:F43680. Atau  juga dapat menempatkan kursor pada salah satu cell yang berisi data dan kemudian menekan tombol CTRL + SHIFT + *.Pada ribbon, klik tabInsert dan pilih menu PivotTable | Insert PivotTable.

gambar 28 insert pivot tabel

Kemudian akan muncul dialog, pilih New Worksheet, klik tombol OK.

gambar 29 insert pivot tabel

Suatu kotak PivotTable (PivotTable Box) akan muncul pada sheet baru. Pada kotak tersebut terdapat panel daftar field (PivotTable Field List) pada posisi sebelah kanan worksheet. Adapun Gambar di bawah ini memperlihatkan tampilan PivotTable dengan enam heading field yang berasal dari range data yang di pilih sebelumnya.

gambar 30 tampilanpivot tabel

  • Report Filter : pada kotak ini field akan digunakan sebagai filter yang mempengaruhi hasil data pada PivotTable.
  • Column Labels : isi data dari field akan ditempatkan pada bagian kolom sesuai urutan.
  • Row Labels : isi data dari field akan ditempatkan  pada bagian baris sesuai urutan.
  • Values : nilai field yang terdapat pada kotak ini akan ditampilkan sebagai perhitungan summarydari count, sum, average, dan lain-lain.
    • Kemudian disusun penempatan kombinasi field sebagai berikut:
  • Field nama_kategoriditempatkan pada  kotak Column Labels.
  • Field nama_cabangditempatkan pada kotak  Row Labels.
  • Field jumlah_unitditempatkan pada kotak Values.

Perhatikan pada saat ditempatkan di kotak Values, nama field jumlah_unit akan berubah menjadi Sum of jumlah_unit. Ini menunjukkan bahwa field adalahmenggunakan tipe perhitungan sum (penjumlahan) dari fieldjumlah_unit.

 

gambar 31 Pivot Table Field List

Hasil pengaturan di atas pada area PivotTable akan terlihat seperti gambar berikut:

 

gambar 32 hasil penempatan field

Dari gambar tersebut kita dapat melihat dengan mudah laporan dari tiap kategori produk pada tiap cabang.

Adapun untuk menambahkan kembali field yaitu dengan menambahkan kembali field jumlah unit ke kotak value. Maka akan muncul field baru dengan nama sum of jumlah unit2.

 

gambar 33  Penambahan Field

Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.

 

gambar 34 Hasil Penambahan Field

 

 

gambar 35 value field and setting

Kemudian pada dialog yang muncul rubah Sum menjadi Count.  Perhatikan nama field akan berubah menjadi Count of jumlah_unit2.

 

gambar 36 summarize value field

Kemudian klik tombol OK.Pada area PivotTable, didapatkan dua summary yang berbeda, yaitu:

  • Nilai total unit penjualan (sum).
  • Jumlah transaksi (count).
 

gambar 37 summary pivot tabel

Adapun contoh tugas dari pivot table, yaitu:

 

gambar 38 tugas pivot tabel

 

 

gambar 39 grafik

3.1 Internet

website

   Website merupakan halaman situs sistem informasi yang dapat diakses secara cepat. Website ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui perkembangan teknologi informasi, tercipta suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan. Jaringan yang dikenal dengan istilah internet secara terus-menerus menjadi pesan–pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer.

      Suatu perpustakaan memiliki berbagai jenis koleksi yang dapat dipinjamkan serta menyediakan berbagai layanan kepada pemustaka di perpustakaan. Seiring dengan perkembangan zaman yang semuanya serba digital maka perpustakaan alangkah lebih baiknya memiliki web perpustakaan yang memudahkan bagi para pemustaka untuk mengetahui koleksi apa saja yang dimiliki serta layanan apa saja yang disediakan oleh perpustakaan. Dengan kata lain, web ini membantu perpustakaan untuk mempromosikan suatu perpustakaan.

Akan tetapi sebagian dari perpustakaan di Indonesia belum memiliki web perpustakaan. Pada makalah ini kelompok kami akan membahas mengenai bagaimana langkah-langkah untuk membuat web perpustakaan termasuk cara pemeliharaan web. Sehingga dengan adanya web ini membantu perpustakaan untuk menyediakan informasi maupun promosi kepada pemustakanya melalui web.

1.3.1 Keunggulan dan Fitur WordPress

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain :

  • Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  • Berbasis kode sumber terbuka (open source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan.
  • Templat atau desain tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis.
  • Pengoperasiannya mudah.
  • Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.
  • Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger, LiveJournal, atau TypePad, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress.
  • Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress.
  • Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto.
  • Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
  • Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  • Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi.
  • Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback. Juga memiliki kemampuan untuk melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat ter index pada search engine.
  • Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.
  • Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).
  • Mendukung LaTeX.
  • Mempunyai kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer)

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

DAFTAR PUSTKA 

 

 

 

 

Kata Pengantar

Puji dan syukur kehadirat allah Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Buku Aplikasi Komputer ini dalam bentuk isi yang sangat sederhana. Semoga Buku ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pembelajaran ataprofesi keguruan.

Untuk memenuhi tugas uas semester genap saya agung robani dari agroteknologi 2 a saya buat Buku ini untuk bisa menambah pengetahuan dan pedoman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi Buku ini sehingga kedepannya dapat lebih baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Ucapan terima kasih tidak lupa untuk dosen mata pelajaran praktikum Aplikom yaitu Nurlukman ST.

Buku ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan- masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Bandung, Mei 2016

 

AGUNG ROBANI

1157060004

 

 

 

 

 

 

Daftar Isi

Contents

Kata Pengantar. 3

BAB I. 7

PEMBAHASAN.. 7

1.1 Microsoft Word. 7

1.1.1 Penyuntingan. 8

  1. Memulai Microsoft Word. 8
  2. Dasar-dasar Penyuntingan. 8
  3. Menyorot Teks. 9

1.1.2 Numbering. 10

1.1.3 CAPTION.. 13

1.1.4 Menyisipkan objek. 15

1.1.5 Drop Cap. 19

1.1.6 Page Break. 20

1.1.7 mail merge. 21

1.1.8HEADER FOOTER.. 23

1.2 MICROSOF EXEL………………………………………………25

  1. Operator Matematika Dalam Excel 25

1.2.1 Fungsi String. 27

1.2.2 Rumus Matematik. 27

1.2.3 Fungsi IF. 28

1.2.4  VLOOKUP dan HLOOKUP.. 32

Pembuatan PivotTable. 36

1.2.4 internet……………………………………………………………44

1.2.5 keunggulan fitur wordprees…………………………………….45

 

BAB II.………………………………………………………………………………………………48

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………….48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

gambar 1 page break. 10

gambar 2 numbering. 11

gambar 3 numbering 2. 12

gambar 4 numbering 3. 13

gambar 5 membuat daftar gambar 14

gambar 6 picture. 16

gambar 7 menu picture. 16

gambar 8 insert cation. 17

gambar 9 insert caption. 17

gambar 10 caption. 18

gambar 11 hasil gambar 18

gambar 12 drop cap. 19

gambar 13 text dengan drop cap. 19

gambar 14 page break. 20

gambar 15 surat nilai IPK.. 21

gambar 16 select recipients. 22

gambar 17 costumize coloum.. 22

gambar 18 Kotak Dialog Customize Address List 23

gambar 19 header footer 24

gambar 20 gambar sum.. 28

gambar 21 if 29

gambar 22 IF 2. 30

gambar 23 COUNTIF. 31

gambar 24 Hlookup. 34

gambar 25 Hasil 35

gambar 26 contoh OR.. 35

gambar 27 Sheet transaksi 37

gambar 28 insert pivot tabel 38

gambar 29 insert pivot tabel 38

gambar 30 tampilanpivot tabel 39

gambar 31 Pivot Table Field List 40

gambar 32 hasil penempatan field. 41

gambar 33  Penambahan Field. 41

gambar 34 Hasil Penambahan Field. 42

gambar 35 value field and setting. 42

gambar 36 summarize value field. 43

gambar 37 summary pivot tabel 44

gambar 38 tugas pivot tabel 44

gambar 39 grafik. 45

gambar 40 masuk web. 48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PEMBAHASAN

1.1 Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word Microsoft Word merupakan program aplikasi perangkat lunak yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan data, sekarang hampir semua lapisan masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk mempermudah pekerjaaan,seperti pekerjaan pengusaha ataupun pun mahasiswa dan aktifitas lainnya.

Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya ; Ms office 1998 sampai  office 2016 pada saat sekarang ini.

1.1.1 Penyuntingan

  1. Dasar-dasar penyuntingan Pada Microsoft Office

Backspace (Menghapus satu karakter disebelah kiri kursor)

Delete (Menghapus satu karakter disebelah kanan kursor)

Insert (Menyisipkan karakter baru diantara dua karakter yang diketik)

1.       Memulai Microsoft Word

Untuk memulai menjalankan program microsoft word dimulai dengan langkah-langkah berikut

  • Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows=>Setelah muncul tampilan menunya pilih All Program, kemudian Microsoft Office=>Pilih Microsoft Office Word 2007/2013/2016.

2.       Dasar-dasar Penyuntingan

Backspace: Digunakan untuk menghapus satu huruf ke bagian kiri.

 

Delete: Digunakan untuk menghapus satu huruf ke bagian kanan.

Repeat (Ctrl+Y): Digunakan untuk mengulangi perintah

Undo (Ctrl+Z): Digunakan untuk mengembalikan perintah.

 

Menyorot Teks

Shift + →/ ←/ ↑/ ↓ : Digunakan untuk menyorot teks satu huruf

 

Shift + Home/ End: Digunakan untuk menyorot satu baris teks

Menyorot sebagian (menekan Ctrl)          : Digunakan pada saat ingin menyorot teks pada                     posisi yang berbeda

1.1.2 Numbering

Untuk dapat menyisipkan nomor di setiap lembar atau halaman pada Microsoft Word 2007, dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Untuk halaman pertama, pasti memuat Halaman Judul. Tulis halaman judul sesuai judul yang akan dibuat. Kemudian, gunakan “Next page” break pada kolom “Page layout”

 

gambar 1 page break

 

Untuk penomorannya sendiri,jika kita ingin menggunakan huruf romawi,bisa dengan cara sebagai berikut :

  • Klik insert,maka akan muncul beberapa menu pada beberapa kolom
  • Klik page number pada kolom Header and footer,lalu akan muncul beberapa pilihan untuk format halaman
  • Klik format page number,atur number format pada bagian paling atas menjadi angka

Catatan :

Jika penomoran romawi ini ingin terus berlanjut pada halaman berikutnya,maka tandai continue from previus section

gambar 2 numbering

namun jika ingin penomoran hanya untuk satu halaman saja,maka tandai start at dan pilih nomor yang akan dimulai menggunakan angka romawi.

 

gambar 3 numbering 2

 

Untuk mengatur posisi nomor halaman ,bisa dilakukan dengan cara

-Klik Insert =>  Klik Page Number

 

-Kemudian pilih posisi penomoran sesuai dengan kebutuhan anda.

Pada contoh ini penomoran berada diatas kiri.

-Klik Top of Page

gambar 4 numbering 3

1.1.3 CAPTION

Langkah-langkah :

-Klik Insertklik picture,pilih gambar

-Klik ok

Untuk membuat daftar gambarnya :

-Klik References

-Klik insert caption

-Pilih label yang akan digunakan ,misalnya figure atau gambar

Atau

-Klik References

-Klik insert caption

-klik new label,lalu tuliskan gambar.

Untuk membuat daftar isi secara otomatis,kita bisa men-generate daftar gambar secara ototmatis,caranya sebagai berikut :

  1. Klik menu References
  2. Klik Insert Table Of Figures,kemudian akan muncul window Table of Figure
  3. Pada Caption Label,pilih label yang ingin dibuat daftarnya,misalnya Gambar atau Tabel.

 

 

 

 

Menyamakan penulisan

     Untuk menyamakan penulisan,format atau jarak (space) bisa dilakukan dengan cara memblok tulisan,lalu klik format painter dan arahkan cursor mengguanakan mouse pada tulisan atau paragraf lainnya yang formatnya akan disamakan.


Cara Membuat Drop Cap

  • Pilih huruf pertama dari paragraf.
  • Pada Insert tabText group, klik Drop Cap.
  • Pilih posisi Drop Cap:
  • Dropped:Drop Cap ditempatkan dalam paragraf.
  • In margin:Drop Cap ditempatkan dalam margin.
  • Ulangi langkah-langkah di atas bila ingin mengganti posisi Drop Cap.
  • Cara Edit Drop Cap
  • Pilih Drop Capyang ingin diubah.
  • Pada Insert tabText group, klik Drop Capdan pilih Drop Cap Options.
  • Pada bagian Position, atur posisi Drop Capyang diinginkan.
  • Pada bagian Options, pilih:
  • Fontuntuk mengubah tipe font.
  • Lines to drop:untuk mengatur tinggi baris Drop Cap.
  • Distance from text:untuk mengatur jarak Drop Cap dengan teks dalam paragraf.
  • Klik OK bilas sudah selesai.
  • Tip:Kita juga dapat menggunakan fitur-fitur dalam Font group di tab Home, untuk memberi format warna, font dan lain-lain pada Drop Cap.
  • Cara Menghapus Format Drop Cap
  • Pilih Drop Capyang ingin dihapus.
  • Pada Insert tab,Text group, klik Drop Cap dan pilih

1.1.4 Menyisipkan objek

Menyisipkan gambar Gambar dapat disisipkan ke dalam dokumen. Gambar yang disisipkan dapat berupa file gambar atau kumpulan gambar (clip art) yang telah disediakan program MS Word. Untuk menyisipkannya, klik tab menu Insert > Clip Art. Pada bagian Search for: dapat diisi dengan kata petunjuk yang berhubungan, misalnya animals. Maka akan di dapat hasil seperti berikut :

  1. Insert gambar terlebih dahulu
 

gambar 6 picture

 

 

  1. Kemudian pilih gambar yang dikehendaki pada kotak dialog

 

 

gambar 7 menu picture

  1. Klik gambar kemudian masukan caption dengan cara klik References kemudian Insert Caption.
 

gambar 8 insert cation

  1. Lalu akan muncul kotak dialog Caption. Pilih Labelnya sesuai yang diinginkan, jika ingin membuat label sendiri (misal Gambar, Tabel atau yang lainnya), maka tinggal klik tombol [New Label] dan ketikkan label yang diinginkan, misal Gambar.
 

gambar 9 insert caption

  1. Ketikkan nama gambarnya dan tentukan posisinya (pilihannya Above selected Item dan Below selected Item). Lalu klik [OK].
 

gambar 10 caption

  1. Gambar yang dimasukkan tadi sudah mempunyai Caption.
 

gambar 11 hasil gambar (gambar pinguin)

 

 

 1.1.5 Drop Cap

  1. Hal pertama yang dilakukan yaitu sorot teks yang akan dibuat Drop Cap, kemudian klik Insert lalu pilih Drop Cap.
 

gambar 12 drop cap

  1. Lalu pilih diantara pilihan Dropped dan In Margin, dan jika perlu suntingan yang lain pilih opsi Drop Cap Options.

 

  1. Teks telah selesai memakai Drop Cap.
 

gambar 13 text dengan drop cap

1.1.6 Page Break

Page Break merupakan salah satu pilihan pada Microsoft Word yang berfungsi untuk memisahkan (breaking) halaman yang satu dengan halaman yang lain. Salah satu penggunaanya ditujukan pada saat penomoran halaman pada penulisan karya ilmiah. Page Break dapat mempermudah penulis agar pemberian nomor halaman pada karya ilmiahnya dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Cara menggunakan page break yaitu sebagai berikut:

  • Letakan kursor pada bagian paling bawah halaman yang akan dipisahkan dengan halaman lainnya.
  • Lalu pilih menu Page Layout kemudian Breaks.
  • Setelah itu pada menu Section Breaks pilih Next Page.
 

gambar 14 page break

 

 

  1. Pemisahan halaman telah selesai dilakukan.

 

1.1.7 mail merge

Mail Merge adalah suatu tools yang terdapat pada menu bar “Mailings” pada Microsoft Word, dimana dapat kita manfaatkan untuk membuat database dokumen. Cara menggunakan Mail Merge adalah sebagai berikut:

  1. Buka program Microsoft Word, kemudian ketik datanya untuk membuat surat, salah satunya Surat nilai IPK seperti berikut:

 

  1. Lalu klik tab Mailings kemudian pilih Select Recipients dan apabila data yang diambil baru dibuat maka pilih Type New List dan akan keluar kotak dialog.
 

gambar 16 select recipients

  1. Karena datanya baru maka klik Customize Columns pada kotak dialog tersebut.
 

gambar 17 costumize coloum

  1. Dan akan muncul kembali kotak dialog Customize Address List pada Field Names ganti namanya sesuai data yang kita buat dengan mengubahnya pada Rename.
 

gambar 18 Kotak Dialog Customize Address List

  1. Untuk kasus ini, maka me-rename satu per satu Field Names dengan NIM, Nama, Jurusan, Kelas, Kode MK, Nama MK dan Nilai.
  2. Isi data pada kolom yang sesuai apabila ingin ditambah kolomnya maka pilih New Entry, Lalu OK.
  3. Simpan data dan beri nama file.
  4. Setelah disimpan pilih tab Mailings kembali lalu klik Insert Merge Field dan simpan kursor sesuai urutan pada Insert Merge Field.
  5. Untuk memastikan data sudah benar maka klik Preview Results untuk melihat hasilnya.

1.1.8HEADER FOOTER

Cara membuka header

  • Klik Tab Insert

gambar 19 header footer

  • Klik Header dan Footer pada Tab Insert dan Pilih Format yang diinginkan sehingga point otomatis berada pada bagian atas atau bawah
  • Ketikan teks untuk header atau footer sesuai dengan keiinginan
  • Selain dengan cara diatas kita juga dapat membuka header & footer dengan cara double klik pada area header atau footer. Setelah itu lakukan penambahan teks, tanggal,

 

Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu Ketikkan teks untuk footer.

 

 

1.2             Microsoft Excel

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memberikan kemudahan dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

1.      Operator Matematika Dalam Excel

No. Operator Fungsi Contoh
1 + (ikon plus) Penjumlahan A1+A2
2 – (ikon minus) Pengurangan A3-A4
3 * (ikon bintang) Perkalian A5*A6
4 / (ikon garis miring) Pembagian A7/A8
5 ^ (ikon caret) Pangkat A9^2 (angka apapun yang berada di cell A9 akan dipangkat 2)
6 % (ikon persen) Prosentase A1*80%

tabel 1 1 operator matematika

 

 

 

1.2.1 Fungsi String

  • Left, Mid dan Right
  • Fungsi Left

Digunakan untuk mengambil bagian dari suatu kata/ kalimat dalahm sebuah seldari posisi kiri  sebanyak n huruf.

  • Fungsi Mid

Digunakan untuk mengambil bagian dari suatu kata/ kalimat dalahm sebuah sel dari posisi tengah  sebanyak n huruf.

  • Fungsi Right

Digunakan untuk mengambil bagian dari suatu kata/ kalimat dalahm sebuah seldari posisi kiri  sebanyak n huruf.

Sintaks :   “=LEFT(sel,n)”  kiri

“=MID(sel,m,n)” tengah

“=RIGHT(sel,n)”  kanan

Contoh:

  1. Untuk no 1 pada nama Azmi Rozabi dalam pengambilan nama depan maka ketik rumus: =LEFT(C2;4) sedangkan nama belakangnya rumus: =RIGHT(C2;6)
  2. Untuk no 2 dengan nama Ade Rahmat Nurhidayat, karena ia memiliki nama tengah yaitu gunakan rumus: =MID(C3;5;6)
  3. Sehingga dalam hal ini kata kunci dari pengambilan nama yaitu left, mid dan right dengan menambahkan alamat sel dengan jumlah huruf yang akan kita ambil.

1.2.2 Rumus Matematik

  • SUM

Rumus yang paling sering digunakan, karena rumus ini berfungsi untuk menjumlahkan. Contoh : =SUM(D3*F3) dengan demikian kolom yang ditempatkan rumus ini akan mengeluarkan nominal angka hasil perkalian dari cell D3 dan F3.

 

gambar 20 gambar sum

  • SUBTOTAL

Berfungsi untuk melakukan penotalan dalam artian bukan sekedar jumlah atau SUM saja, tapi bisa juga untuk operasi matematika yang lain seperti pengurangan, pembagian, perkalian,rata-rata (prosentase) dan lain-lain. Contoh : =SUBTOTAL(FUNGSI;REFRENSI_1;REFRENSI_2) maka akan terlihat seperti =SUBTOTAL(9;A5;A10). Dengan demikian, rumus ini akan menampilkan hasil total dari penjumlahan (karena kode 9 dikenal sebagai fungsi SUM dalam Formula SUBTOTAL) dari cell A5 dan A10. Jika refrensi atau tempat pengambilan data lebih dari dua, perlu tanda titik koma (;) sebelum menuliskan refrensi lain.

1.2.3 Fungsi IF

IF adalah suatu fungsi keputusan di Excel dimana IF akan menggunakan suatu rule untuk pengecekan suatu kondisi. Jika kondisi terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya jika tidak dipenuhi akan mengambil nilai lain.

Syntax dasar dari fungsi IF adalah sebagai berikut

IF(logical_test_value, value_if_true, value_if_false)

Keterangan

  • logical_test_value : adalah kondisi logika yang akan mengembalikan nilai benar atau salah. Contoh misalkan: A2 > B2, A2 <= B2, dll.
  • value_if_true : nilai yang diberikan apabila kondisi di atas benar.
  • value_if_false : nilai yang diberikan apabila kondisi di atas salah.

CONTOH:

1.

gambar 21 if

 

 

 

 

2.

gambar 22 IF 2

  1. Countif

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah data pada sebuah range tabel yang memenuhi kriteria dari kondisi yang dipersyaratkan pada parameter fungsi.

Cara Penulisan fungsi COUNTIF:

COUNTIF(range , criteria)

  • range adalah range dalam worksheet yang akan dihitung datanya
  • criteria adalah kondisi yang harus dipenuhi

contoh :

gambar 23 COUNTIF

  1. MAX

Fungsi Max adalah fungsi untuk menghasilkan nilai terbesar dari sate buah set nilai. Fungsi ini mengabaikan nilai logika dan text.

Cara penulisan fungsi Max:

MAX(Angka1,Angka2m,Angka3,…)

Argumen Angka1,Angka2,Angka3,… adalah 1 sampai 30 data angka, cell kosong, nilai logika, atau text angka yang ingin anda cari nilai tertingginya.

Contoh 2:

=MAX(F1:F38)

akan menghasilkan nilai terbesar dari data yang ada di range F1:F38.

  1. MIN

Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai terendah atau nilai minimal dari sekelompok bilangan. Perlu digaris bawahi, data yang bisa diproses hanya data yang berupa angka.

Bentuk umum penulisan Fungsi MIN adalah sbb :

=MIN(number1;number2;…)

  1. RIGHT

Fungsi Right di Excel adalah fungsi untuk mengambil text atau sejumlah karakter dari akhir text atau dari ujung kanan text satau kata atau kalimat.

Cara penulisan fungsi Right:

RIGHT(text, angka)

  • Argumen text adalah kata atau kalimat yang data textnya akan diambil, dapat berupa nilai atau alamat cell.
  • Argumen angka adalah jumlah huruf yang akan diambil.

Contoh:

=RIGHT(“budi”,2) akan menghasilkan nilai ‘di’.

=RIGHT(C13,5) akan menghasilkan nilai ‘senal’ jika cell C13 kita isi dengan tulisan Arsenal.

1.2.4  VLOOKUP dan HLOOKUP

Fungsi VLookup() adalah fungsi untuk mencari nilai pada kolom paling kiri dari suatu tabel dan mengembalikan nilai pada baris yang sama dari kolom yang anda tentukan pada tabel. Gunakan VLookup() daripada HLookup() ketika anda membandingkan nilai yang berada dalam kolom sebelah kiri dari data yang anda ingin temukan.

Huruf V dalam VLookup singkatan dari Vertical.

Cara penulisan fungsi VLookup()

VLookup(nilai_dicari,table_array,index_kolom,range_lookup)

  • nilai_dicari adalah nilai yang dicari pada kolom pertama dari array. nilai_dicari dapat berupa suatu nilai, sebuah referensi atau sebuah text string.
  • table_array adalah tabel dari informasi dimana data dicari. Gunakan referensi berupa sebuah range atau nama range, seperti database atau list.
  • index_kolom adalah nomor kolom dalam table_array dari mana nilai yang cocok harus dikembalikan. Index_kolom 1 mengembalikan nilai dari kolom pertama dari table_array; index_kolom 2 mengembalikan nilai dari kolom kedua dan seterusnya.
  • range_lookup adalah nilai logika yang menentukan apakah anda mencari nilai yang benar-benar sama atau mendekati sama. Jika TRUE atau diabaikan atau kosong nilai yang mendekati yang akan dikembalikan. Dengan kata lain jika nilai yang sama tidak ditemukan maka nilai yang terbesar yang lebih kecil dari nilai_dicari dikembalikan. Jika FALSE, VLookup akan mencari yang benar-benar sama. Jika tidak ditemukan nilai error #N/A akan dikembalikan.
  • Fungsi lookup digunakan untuk mencari data dalam sebuah tabel sesuai dengan kriteria yang diberikan.
  • Fungsi lookup ada 2 yaitu :
  • =HLOOKUP(sel yang diuji, Tabel Absolut,Nomor Baris, TRUE/FALSE)
  • =VLOOKUP(sel yang diuji, Tabel Absolut,Nomor Kolom, TRUE/FALSE
  1. HLOOKUP

gambar 24 Hlookup

Mencari Angkatan berdasarkan Tabel Fungsi HLOOKUP range : B3:E4

  • Letakan pointer di sel C16
  • Masukan Rumus seperti gambar berikut:

=HLOOKUP(MID(A16,4,2),$B$3:$E$4,2)

Hasil :

 

gambar 25 Hasil

6.OR

Menghasilkan nilai benar (true) jika salah satu argumen atau logical test benar. Contoh pada kasus disini yaitu untuk mengikuti tes seleksi dilihat dari segi pendidikannya:

 

gambar 26 contoh OR

Maka rumus yang digunakan adalah =IF(OR(D2=”SMU/SMK”;D2=”D1″);”Tes Tahap 1″;”Gagal”) dan hasilnya akan tampak pada gambar diatas.

 

  1. AND

Menghasilkan nilai benar (true) jika semua argumen benar. Contoh : =AND(logika1,logika2)

Ketiga fungsi logika ini dapat kita gabungkan untuk memberi hasil analisa yang sesuai dengan apa yang dikehendaki.

 

1.2.5 pivot tabel

 

PivotTable adalah fitur pada Excel yang memudahkan Anda melihat ringkasan data berupa tabel interaktif , padat informasi dan dapat dilengkapi dengan chart. Hasil analisa dari PivotTable biasanya menjadi dasar laporan manajemen. Pada tutorial singkat ini akan ditunjukkan langkah demi langkah pembuatan dasar PivotTable.

Pembuatan PivotTable

  • Jalankan program Excel 2007 dan buka file latihan yang telah Anda download tersebut.File ini merupakan file contoh fiktif data-data transaksi yang terjadi pada suatu minimarket.

Adapun cara membuat pivot table yaitu membuka contoh sheet transaksi

 

gambar 27 Sheet transaksi

Kemudian Pilih range dataA1:F43680. Atau  juga dapat menempatkan kursor pada salah satu cell yang berisi data dan kemudian menekan tombol CTRL + SHIFT + *.Pada ribbon, klik tabInsert dan pilih menu PivotTable | Insert PivotTable.

gambar 28 insert pivot tabel

Kemudian akan muncul dialog, pilih New Worksheet, klik tombol OK.

gambar 29 insert pivot tabel

Suatu kotak PivotTable (PivotTable Box) akan muncul pada sheet baru. Pada kotak tersebut terdapat panel daftar field (PivotTable Field List) pada posisi sebelah kanan worksheet. Adapun Gambar di bawah ini memperlihatkan tampilan PivotTable dengan enam heading field yang berasal dari range data yang di pilih sebelumnya.

gambar 30 tampilanpivot tabel

  • Report Filter : pada kotak ini field akan digunakan sebagai filter yang mempengaruhi hasil data pada PivotTable.
  • Column Labels : isi data dari field akan ditempatkan pada bagian kolom sesuai urutan.
  • Row Labels : isi data dari field akan ditempatkan  pada bagian baris sesuai urutan.
  • Values : nilai field yang terdapat pada kotak ini akan ditampilkan sebagai perhitungan summarydari count, sum, average, dan lain-lain.
    • Kemudian disusun penempatan kombinasi field sebagai berikut:
  • Field nama_kategoriditempatkan pada  kotak Column Labels.
  • Field nama_cabangditempatkan pada kotak  Row Labels.
  • Field jumlah_unitditempatkan pada kotak Values.

Perhatikan pada saat ditempatkan di kotak Values, nama field jumlah_unit akan berubah menjadi Sum of jumlah_unit. Ini menunjukkan bahwa field adalahmenggunakan tipe perhitungan sum (penjumlahan) dari fieldjumlah_unit.

 

gambar 31 Pivot Table Field List

Hasil pengaturan di atas pada area PivotTable akan terlihat seperti gambar berikut:

 

gambar 32 hasil penempatan field

Dari gambar tersebut kita dapat melihat dengan mudah laporan dari tiap kategori produk pada tiap cabang.

Adapun untuk menambahkan kembali field yaitu dengan menambahkan kembali field jumlah unit ke kotak value. Maka akan muncul field baru dengan nama sum of jumlah unit2.

 

gambar 33  Penambahan Field

Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.

 

gambar 34 Hasil Penambahan Field

 

 

gambar 35 value field and setting

Kemudian pada dialog yang muncul rubah Sum menjadi Count.  Perhatikan nama field akan berubah menjadi Count of jumlah_unit2.

 

gambar 36 summarize value field

Kemudian klik tombol OK.Pada area PivotTable, didapatkan dua summary yang berbeda, yaitu:

  • Nilai total unit penjualan (sum).
  • Jumlah transaksi (count).
 

gambar 37 summary pivot tabel

Adapun contoh tugas dari pivot table, yaitu:

 

gambar 38 tugas pivot tabel

 

 

gambar 39 grafik

3.1 Internet

website

   Website merupakan halaman situs sistem informasi yang dapat diakses secara cepat. Website ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui perkembangan teknologi informasi, tercipta suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan. Jaringan yang dikenal dengan istilah internet secara terus-menerus menjadi pesan–pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer.

      Suatu perpustakaan memiliki berbagai jenis koleksi yang dapat dipinjamkan serta menyediakan berbagai layanan kepada pemustaka di perpustakaan. Seiring dengan perkembangan zaman yang semuanya serba digital maka perpustakaan alangkah lebih baiknya memiliki web perpustakaan yang memudahkan bagi para pemustaka untuk mengetahui koleksi apa saja yang dimiliki serta layanan apa saja yang disediakan oleh perpustakaan. Dengan kata lain, web ini membantu perpustakaan untuk mempromosikan suatu perpustakaan.

Akan tetapi sebagian dari perpustakaan di Indonesia belum memiliki web perpustakaan. Pada makalah ini kelompok kami akan membahas mengenai bagaimana langkah-langkah untuk membuat web perpustakaan termasuk cara pemeliharaan web. Sehingga dengan adanya web ini membantu perpustakaan untuk menyediakan informasi maupun promosi kepada pemustakanya melalui web.

1.3.1 Keunggulan dan Fitur WordPress

WordPress memiliki banyak keunggulan dan fitur untuk dunia blog, antara lain :

  • Gratis. Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya, bahkan untuk blog komersial sekalipun.
  • Berbasis kode sumber terbuka (open source). Pengguna dapat melihat dan memperoleh barisan kode-kode penyusun perangkat lunak WordPress tersebut secara bebas, sehingga pengguna tingkat lanjut yang memiliki kemampuan pemrograman dapat bebas melakukan modifikasi, bahkan dapat mengembangkan sendiri program WordPress tersebut lebih lanjut sesuai keinginan.
  • Templat atau desain tampilannya mudah dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sehingga apabila pengguna memiliki pengetahuan HTML yang memadai, maka pengguna tersebut dapat berkreasi membuat template sendiri. Pengguna yang tidak mengerti HTML, tentu saja masih dapat memilih ribuan template yang tersedia di internet secara bebas, yang tentu saja gratis.
  • Pengoperasiannya mudah.
  • Satu blog WordPress, dapat digunakan untuk banyak pengguna (multi user). Sehingga WordPress juga sering digunakan untuk blog komunitas. Anggota komunitas tersebut dapat berperan sebagai kontributor.
  • Jika pengguna sebelumnya telah mempunyai blog tidak berbayar, misalnya di alamat Blogger, LiveJournal, atau TypePad, pengguna dapat mengimpor isi blog-blog tersebut ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak WordPress. Dengan demikian pengguna tidak perlu khawatir isi blog yang lama akan menjadi sia-sia setelah menggunakan perangkat lunak WordPress.
  • Selain pengguna yang banyak, banyak pula dukungan komunitas (community support) untuk WordPress.
  • Tersedia banyak plugin yang selalu berkembang. Plugin WordPress sendiri yaitu sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, album foto.
  • Kemampuan untuk dapat memunculkan XML, XHTML, dan CSS standar.
  • Tersedianya struktur permalink yang memungkinkan mesin pencari mengenali struktur blog dengan baik.
  • Kemungkinan untuk meningkatkan performa blog dengan ekstensi.
  • Mampu mendukung banyak kategori untuk satu artikel. Satu artikel dalam WordPress dapat dikatogorisasikan ke dalam beberapa kategori. Dengan multikategori, pencarian dan pengaksesan informasi menjadi lebih mudah.
  • Fasilitas Trackback dan Pingback. Juga memiliki kemampuan untuk melakukan otomatis Ping (RPC Ping) ke berbagai search engine dan web directory, sehingga website yang dibuat dengan WordPress akan lebih cepat ter index pada search engine.
  • Fasilitas format teks dan gaya teks. WordPress menyediakan fitur pengelolaan teks yang cukup lengkap. Fitur – fitur format dan gaya teks pada kebanyakan perangkat lunak pengolah kata seperti cetak tebal, cetak miring, rata kanan, rata kiri, tautan tersedia di WordPress.
  • Halaman statis (Halaman khusus yang terpisah dari kumpulan tulisan pada blog).
  • Mendukung LaTeX.
  • Mempunyai kemampuan optimalisasi yang baik pada Mesin Pencari (Search Engine Optimizer)

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

DAFTAR PUSTKA 

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s